Kumpulan Hack. Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Hack "Welcome"

Tutor ini akan dibuat beberapa seri dengan urutan sebagai berikut :
  1. Pendahuluan
  2. Apa itu WebSite dan Blog?
  3. Mengenal WebServer dan Cara Membuat WebServer Lokal
  4. Membuat WebSite sederhana
  5. Apa itu CMS, fungsi dan macamnya
  6. Belajar Menginstall CMS Joomla
  7. Belajar Menginstall CMS WordPress
  8. Hosting dan Domain serta cara mendapatkannya
  9. Upload file ke Hosting
  10. Mengelola website/blog kita yang telah di hosting
  11. Penutup

1. Pendahuluan

Sebelum tutor ini dimulai, perlu saya katakan dari awal bahwa Membuat Website atau Membuat Blog itu sama sekali tidak sulit. Bila agan mengikuti tahapan-tahapan Tutor ini maka setelah selesai agan bisa membuat Website sendiri tanpa kesulitan.
Setelah menyelesaikan tahapan tutor yang saya buat, agan-agan tinggal mengembangkannya lebih lanjut. Pengembangannya seperti apa dan sejauh mana, tentu saja 100% tergantung agan-agan sendiri.
Tutorial ini disusun berurutan dari yang dasar sampai selesai. Bagi agan yang sudah mengerti bagian tertentu bisa meloncat ke tutor yang lain, sedang bagi agan-agan yang baru mulai saya rekomendasikan memulai dari awal. Contoh-contoh akan diberikan agar Tutorial ini cepat dapat dikuasai.
Tutor ini tidak akan terjebak ke dalam istilah-istilah yang rumit yang bisa membuat dahi berkerut, karena “Setiap hari kita sudah banyak menghadapi masalah dan saya tidak mau nambah andil masalah agan :) “.
Tutorial dimulai dengan Pendahuluan dan dilanjutkan dengan membahas apa itu WebSite dan Blog? Apa perbedaan keduanya serta akan dijelaskan bagaimana seorang pengguna dalam mengakses sebuah Situs / website bisa mendapatkan informasi yang diinginkan. Tentu saja akan dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi untuk memudahkan.
Berikutnya akan diperkenalkan apa itu WebServer? dan juga akan dijelaskan bagaimana kita dapat membangun WebServer sendiri secara Lokal.
Apa guna WebServer Lokal ini? Dengan memiliki WebServer Lokal agan bisa belajar tentang website secara lokal/ offline tanpa perlu terhubung ke internet. Ini untuk mengantisipasi bagi agan-agan yang belum beruntung bisa akses internet suka-suka dan kapan saja. Hal lain adalah kita bisa menyelesaikan rancangan kita secara lokal, baru setelah sempurna bisa kita Upload ke Hosting yang kita sewa supaya dunia bisa mengakses website kita.
Setelah kita memahami hal-hal Dasar, kita akan mencoba membuat website sederhana dengan memanfaatkan WebServer yang telah kita bangun.
Tutorial dilanjutkan tentang CMS (Content Management System). Apa itu CMS, bagaimana menggunakan CMS Joomla dan WordPress untuk membuat Website.
Oke, sekarang semua sudah selesai dan dikuasai. Masalah terakhir adalah bagaimana supaya Website yang kita buat bisa di akses secara publik. Disini akan kita pelajari tentang hosting, domain, cara hosting dan pesan domain untuk situs kita secara rinci.
Di sesi tutorial lain akan saya persiapkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan SEO. SEO itu singkatan dari Search Engine Optimization. Seperti kita tahu, pintu gerbang utama pengguna internet untuk masuk website adalah melalui Mesin Pencari/ Search Engine seperti Google, Bing, Yahoo dll. Nah SEO  ini berkutat tentang bagaimana strategi kita agar website yang kita buat bisa bertengger di barisan depan mesin pencari. Semakin ke depan maka semakin besar kemungkinan orang masuk ke website kita. Tentu saja sebelum berstrategi, kita harus tahu basic/dasar-dasar SEO. Ditunggu saja Tutorial Dasar tentang SEO.

Pendahuluannya cukup sekian, dan terima kasih.


Category Article

What's on Your Mind...